27 Mei 2010

USAHA LAUNDRY KILOAN MASIH SANGAT MENJANJIKAN

Menggunakan pakaian bersih setiap hari merupakan tren yang sudah melekat di masyarakat perkotaan terutama mahasiswa / karyawan. Kenapa kita tidak mencoba memanfaatkan peluang ini dengan membuka usaha pencucian pakaian atau sering di sebut Jasa Laundry. Sebelum membuka usaha laundry sebaiknya kita melakukan beberapa survey penting yaitu :


a. Lokasi
Sebaiknya kita pilih lokasi disekitar kost-kostan Mahasiswa / Karyawan.

b. Jumlah Kompetitor
Mengetahui jumlah kompetitor didaerah sekitar tempat kita akan membuka usaha sangatlah penting. Sebaiknya jarak minimum yang baik adalah radius 200 mtr / Usaha Laundry. Namun bagaimana jika didaerah tersebut yang membuka usaha Laundry sudah cukup banyak? Jika hal tersebut terjadi maka kita harus sedikit bekerja keras dengan mensurvey harga rata-rata jasa laundry/kg di lokasi tersebut, menu-menu spesial yang mereka tawarkan (@red : para Kompetitor). Jika data mengenai kompetitor sudah anda dapatkan maka saatnya untuk mengelola dan mendapatkan harga yang pas untuk Laundry Anda dan menu spesial yang anda tawarkan.

Cukup dua hal diatas yang perlu kita lakukan sebelum memutuskan membuka usaha Laundry di suatu lokasi. Sekarang kita coba membuat prediksi Biaya membuaka usaha tersebut. Contoh prediksi biaya dibawah ini adalah untuk Usaha Laundry skala Kecil yang diperuntukkan bagi yang memiliki modal pas-pasan namun niat sudah bulat (@red : masih mengandalkan cicilan).

Prediksi Biaya Membuka Usaha Laundry :

1. Tempat
Sewa tempat ukuran 2x3 mtr (model petak/rolling door), 1 Tahun Rp 4.000.000

2. Mesin Cuci
2(dua) unit Mesin Cuci Merk Electrolux Kapasitas 7 Kg, jenis pembelian adalah Kredit dengan biaya cicilan per unit +/- Rp 322.000 / bulan selama 2 tahun. Jadi untuk 2(dua) unit Rp 644.000 / bulan selama 2 tahun cicilan.

3. Mesin Pengering
1(satu) unit Mesin Pengering Merk electrolux kapasitas 6 Kg, jenis pembelian adalah Kredit dengan biaya cicilan per unit +/- Rp 322.000 / bulan selama 2 tahun.

4. Setrika
Setrika disini masih setrika biasa belum menggunakan setrika uap khusus untuk laundry. 1(satu) unit Setrika merk Philips 114, jenis pembelian Tunai Rp 171.000.
Jika setrika Uap khusus laundry, Merk Phillips harga Rp +/- 375.000.
Jika jenis pembelian Kredit maka cicilan untuk setrika Philips 114 adalah +/- Rp 14.500/bulan selama 1 tahun. Untuk setrika Uap merk philips cicilannya Rp 52.500 selama 1 tahun.
Saran : untuk setrika sebaiknya beli Tunai.

5. Meja Setrika
1(satu) buah meja setrika, jenis pembelian Tunai Rp 250.000.

6. Timbangan
1(satu) unit Timbangan duduk Five Goats kapasitas 20 Kg : Rp 135.000

7. Perlengkapan Cuci dan Setrika
* Detergen 1 Kg khusus laundry : Rp 22.000
* Softener 1 kg khusus laundry : Rp 19.000
Tips : untuk deterjen dan softener sebaiknya pilih merk dan aroma yang sama agar tidak menimbulkan crash yang menyebabkan bau apek pada pakaian.
* Spayer / Pewangi Pakaian 1 Kg : Rp 25.000
* Keranjang Laundry ukuran 60x41x30 3(tiga) buah : Rp 186.000
* 1 paket Plastik Pakaian uk.60x90 cm : Rp 48.000
* 1 gross (12 lusin) Hanger pakaian : Rp 95.000

8. Pembuatan Rak Pakaian
Biaya material/pembuatan Rak pakaian 4 tingkat : Rp 1.200.000
Saran : Biaya bisa lebih murah jika anda membeli material sendiri dan membuat sendiri

9. Pembuatan Spanduk
Biaya pembuatan spanduk ukuran 200x45 cm : Rp 180.000

10. Cetak Bon / ATK
biaya pencetakan bon 5 set + pembelian ATK : Rp 85.000

11. Meja
Pembelian / pembuatan meja Frontline : Rp 135.000

12. Biaya Mobilisasi
Perkiraan biaya mobilisasi (Menggunakan Sepeda Motor) berupa ongkos transport yang harus anda keluarkan untuk membeli seluruh perlengkapan : Rp.55.000

13. Tenaga Kerja
Gaji 1(satu) orang tenaga kerja pembantu per bulan : Rp 550.000

Jadi Total Modal Awal yang harus anda persiapkan untuk membuka usaha Laundry ukuran kecil dengan target @25 Kg/hari adalah sebesar Rp 6.492.000 (Include cicilan Bulan-I Mesin Cuci & Pengering).


Estimasi Pendapatan 
(Perhitungan ini hanya estimasi margin per-Bulan tanpa memperhitungkan BreakEventPoint/KembaliModal ) :

Target : 25Kg /Hari
Harga : Rp 4.500 /Kg
Pendapatan (Gross) : Rp 112.500 /hari atau Rp 3.375.000 /Bulan

Pengeluaran :
Cicilan Mesin Cuci : Rp 322.000 /bulan
Cicilan Pengering   : Rp 322.000 /bulan
Listrik                     : Rp 300.000 /bulan
Lain-Lain (Asumsi): Rp 175.000 /bulan
Total Pengeluaran   :  Rp 1.119.000 /bulan

Nett Margin : Rp 2.256.000 /Bulan

Jadi jika sekarang anda memiliki modal Usaha Rp 8.000.000, kenapa tidak mencoba membuka usaha yang satu ini?

Note : Harga yang tersebut diatas adalah harga produk/barang per Mei 2010.


SELAMAT MENCOBA!! KESUKSESAN ADALAH HAK KITA SEMUA.

52 komentar:

  1. benar juga mas, kalau bisa kredit ngapain harus cash kalau modal kita gak cukup untuk bayar cash, tapi kira2 dimana bisa kredit ya? Boleh juga nih usaha dipertimbangkan.

    BalasHapus
  2. Kunjungan balik.. terima kasih telah berkunjung. info yg menarik, mudah2an bisa membuka lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran yg makin lama makin bertambah jumlahnya di Indonesia ini..

    BalasHapus
  3. Kunjungan balik.. terima kasih telah berkunjung. info yg menarik, mudah2an bisa membuka lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran yg makin lama makin bertambah jumlahnya di Indonesia ini..

    BalasHapus
  4. wah artikel yang bagus, hehe... tapi buka usaha laundry bukan bidang saya, gak terlalu suka juga sih.hehe...

    BalasHapus
  5. jadi tahu nih bidang usaha laundry......sepertinya lumayan menjanjikan juga, thank's.

    BalasHapus
  6. Trimakasih kunjungannya sobat, sekedar berbagi info aja siapa tau ada yang butuh dan ingin buka usaha sehingga makin banyak lagi wirausahawan di negara kita tercinta ini. Salam

    BalasHapus
  7. mohon info cara menghilangkan tinta atau zat pewarna di baju???tks

    BalasHapus
  8. artikel yang sangat bagus, thanks atas infonya.

    BalasHapus
  9. kira2 hasil perbulannya berapa ya mas

    BalasHapus
  10. sya dan nee
    mas, saya serius ingin mulai menekuni bisnis laundry. jika tidak keberatan, saya membutuhkan bimbingan mas. tolong email saya di danezart333@gmail.com
    *saya berdomisili di bandung, jika ada yg ingin membantu saya, tolong kontak saya di email tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suskses bro... coba ikutin aja panduan yg ditulis mas jeki bro, cukup terinci dan teman2 yg punya masukin boleh bagi2 donk...

      Hapus
  11. aku tertarik mencobanya... tq, udah beri aku gambaran apa yang haru aku lakukan... karna aku bosan jadi pegawai..

    BalasHapus
  12. Salam kenal, posting yang sangat berguna sekali, terima kasih:)

    BalasHapus
  13. gimana caranya itung harga laundry per kg biar laba optimal kalo usaha baru mau dirintis....(harga promo/bonus)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut pendapat saya sih hitung semua biaya operasional yang dibutuhkan untuk mencuci menggunakan mesin cuci 7 kg misalnya, berarti ada 7 kg pakaian yg dicuci, trus brp bnyk detergen dan pewangi yg dibutuhkan utk mencuci pakaian tersebut, trus hitung berapa pemakaian listriknya (KWh) berdasarkan Watt mesin cuci dan setrika (dikali waktunya) trus kalikan harga listrik PLN per Kwh berapa. terus upah tenaga kerja per 7 kg berapa, trus biaya lain2 seperti plastik untuk 7 kg itu brp psc.
      Nah sekarang jumlahkan total biaya untuk pencucian 7 kg baju, misalnya diperoleh Rp 24500 / 7KG, maka biaya operasional per-KG adalah Rp3500, nah tinggal kita brp mau ambil untung misal mau ambil untung Rp2000/Kg, maka biaya jasa pencucian per Kg adalah Rp3500 + Rp2000 = Rp5500/KG

      Hapus
  14. kalau berminat buka laundry baru bisa email ke laundry.plasa3@yahoo.com kami bukan franchise,anda bebas menentukan brand usaha kalian sendiri. Ada pilihan paket hemat buka laundry baru dengan bonus menarik. Kami juga melayani konsultasi gratis via email atau ym bagi pemula yang ingin buka usaha laundry.

    CP: 0821 30 300 442(titik)ym: laundry.plasa3 atau kunjungi www.laundryplasa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks infonya mas..siape tau ane ada rencana buka laundry bisa kontek2...

      Hapus
  15. Bener sekali bos, saran saya setiap usaha harus memberikan servis yang terbaik bagi pelanggan salah satunya kecepatan, untuk itu kenapa tidak menggunakan setrika uap kalau ada setrika uap yang murah tapi tidak murahan ? bukan bermaksud promosi hubungi saya di 081 236 48 185 jika anda memerlukan setrika uap. terima kasih semua untuk waktunya

    BalasHapus
  16. Bener sekali bos, saran saya setiap usaha harus memberikan servis yang terbaik bagi pelanggan salah satunya kecepatan, untuk itu kenapa tidak menggunakan setrika uap kalau ada setrika uap yang murah tapi tidak murahan ? bukan bermaksud promosi hubungi saya di 081 236 48 185 jika anda memerlukan setrika uap. terima kasih semua untuk waktunya

    BalasHapus
  17. Bener sekali bos, saran saya setiap usaha harus memberikan servis yang terbaik bagi pelanggan salah satunya kecepatan, untuk itu kenapa tidak menggunakan setrika uap kalau ada setrika uap yang murah tapi tidak murahan ? bukan bermaksud promosi hubungi saya di 081 236 48 185 jika anda memerlukan setrika uap. terima kasih semua untuk waktunya

    BalasHapus
  18. Bener sekali bos, saran saya setiap usaha harus memberikan servis yang terbaik bagi pelanggan salah satunya kecepatan, untuk itu kenapa tidak menggunakan setrika uap kalau ada setrika uap yang murah tapi tidak murahan ? bukan bermaksud promosi hubungi saya di 081 236 48 185 jika anda memerlukan setrika uap. terima kasih semua untuk waktunya

    BalasHapus
  19. Bener sekali bos, saran saya setiap usaha harus memberikan servis yang terbaik bagi pelanggan salah satunya kecepatan, untuk itu kenapa tidak menggunakan setrika uap kalau ada setrika uap yang murah tapi tidak murahan ? bukan bermaksud promosi hubungi saya di 081 236 48 185 jika anda memerlukan setrika uap. terima kasih semua untuk waktunya

    BalasHapus
  20. Bener sekali bos, saran saya setiap usaha harus memberikan servis yang terbaik bagi pelanggan salah satunya kecepatan, untuk itu kenapa tidak menggunakan setrika uap kalau ada setrika uap yang murah tapi tidak murahan ? bukan bermaksud promosi hubungi saya di 081 236 48 185 jika anda memerlukan setrika uap. terima kasih semua untuk waktunya

    BalasHapus
  21. saya mau buat usaha loubdry tapi yang sudah membangunnya banyak sekali trus strategi apa yang kita sipakan?
    http://www.katalogmebel.com

    BalasHapus
  22. Tidak perlu banyak berpikir kalai sdh niatan bulat untuk membuka usaha laundry nya mas, pahami ceruk pasarnya dengan memperhatikan dan mempelajari nilai2 jual yang ditawarkan Laundry lainnya, nah setelah itu adopsi dulu strategi mereka, sambil jalan buat strategi berikutnya..

    BalasHapus
  23. Hehehe...sy bener-bener merasa dpt suntikan nafas stelah baca artikelnya...muaaanteeeb tenan!! Idenya itu lhoo yg cespleeng...usaha modal barang kreditan..hahaiiii...minimal orang modal cekak yg mau sukses macam saya ini dpt inspirasi ngatasi masalah modal...hehehe, ibarat ini modal KK + KTP aja.Soal strategi bisa dipikir sambil jalan.Soal servis dan pelayanan bisa dipikir sambil setrika...hehehe...wes pokok'e manteb bulan depan saya buka usaha laundry kiloan, bismillah aja...gimana,setuju??

    BalasHapus
  24. Usaha Laundry OK sich kALO gak terlalu berat persaingan Harganya, sbaiknya dipikirkan juga kelayakan gaji buat karyawannya..TQ

    BalasHapus
  25. Pengen usaha laundry , kt bantu pengadaan furniturenya khusus buat usaha laundry seperti rak pakaian , meja setrika , meja kasir ...
    Harga Rak Laundry ukrn 122x40x250 cm = Rp.3,500,000 / unit
    Meja setrika 100x60x80 cm = Rp.1,800,000
    Meja Kasir 150x55x80 cm = Rp.2.500.000
    Meja Kasir 200x60x80 cm = Rp.3.500.000
    Hub Ane di 85860159925

    BalasHapus
  26. gan juragan.saya juga usaha londry.sekedar share bahwa usaha ini bisa dijalankan dg mudah.terbukti sy cuma modal pengalaman krja saja bisa dpt penghasilan sendiri.laundry itu yg penting hasil.bersih,rapi,wangi,gk ilang,gk kelunturan,harga standar.dijamin pelanggan banyak

    BalasHapus
  27. nice info gan.... semakin menguatkan semangat usaha londry. salam dari TAS MOTOR DELIVERY - 08788.6666.003

    BalasHapus
  28. bagus ulasan proposal ushanya

    BalasHapus
  29. Awal th 2011 sy terkena phk, dengan modal 6 jt waktu itu. Sy kredit 1mesin cuci elektroluk 8kg & dry 6 kg. Alhamdulillah skrang udah pnya 3 mesin cuci dan 1 dry. Smuanya elektroluk. Dan alat pengering ruangan kapastas 100 kg. Dgn uk 3*4. Dan kryawan 7 orang. Semoga bisa motivasi juga bt pembaca.

    BalasHapus
  30. perhatian :::::

    Kami adalah bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien,
    dinamis dan cepat handal, bekerja sama pemodal untuk real estate dan segala jenis pembiayaan usaha
    kami mengeluarkan pinjaman jangka panjang
    Jumlah pinjaman maksimum kita meminjamkan adalah 50.000.000.000.
    Kami menawarkan jenis pinjaman dan banyak lagi:

    Pinjaman Pribadi (pinjaman tanpa jaminan)
    Kredit Usaha (pinjaman tanpa jaminan)
    Pinjaman Konsolidasi
    Kombinasi kredit
    Perbaikan Rumah
    Silakan, jika Anda suka dan minat dalam penawaran keuangan kami,
    Silahkan hubungi kami
    melalui e-mail zenithloanlimited@gmail.com

    BalasHapus
  31. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, yang Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan perusahaan pinjaman, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} gloryloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Ibu Glory

    BalasHapus
  32. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  33. jangan Anda memiliki semua jenis masalah keuangan? Anda Perlu pinjaman untuk melunasi utang? adalah Anda dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk memperlakukan semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan
    Perusahaan berwenang untuk mengeluarkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal 6 bulan dan durasi maksimal 30 tahun.
    Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 2000 untuk maksimal 100 juta.
    menawarkan layanan yang berbeda BAWAH *
    Pinjaman pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Perbaikan rumah
    * Pernikahan Mortgage
    * Kesehatan Loan, dll
    Jadi .. jika Anda tertarik, silakan kembali ke kami melalui email kami kelvinclayloanfirm@gmail.com

    Allah segala sesuatu mungkin

    BalasHapus
  34. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  35. Kita butuh ikon besakih untuk membuka unggas

    BalasHapus
  36. Kita butuh zat besi di besarkan untuk membuka unggas

    BalasHapus
  37. Kita butuh zat besi di besakih untuk membuka unggas

    BalasHapus
  38. Kita butuh zat besi di besakih untuk membuka unggas

    BalasHapus
  39. Kita butuh zat besi di besakih untuk membuka unggas

    BalasHapus
  40. Kita butuh ikoan di besaki untuk membuka apouitry

    BalasHapus
  41. Kita butuh zat besi di besakih untuk membuka unggas

    BalasHapus
  42. Kita butuh zat besi di besakih untuk membuka unggas

    BalasHapus
  43. Komentar pinjaman cepat di jakarta barat

    BalasHapus
  44. Thanks a lot for sharing this. It has truly added a lot to our knowledge about this topic.
    Online Assignment Help from Experts of Australia

    BalasHapus