19 Mei 2010

Besarnya Peluang Pasar Beternak Bebek

Bebek yang termasuk keluarga unggas beberapa dekade kebelakang tidaklah sepopuler ayam. Banyak alasan yang menyebabkan menu yang terbuat dari bebek tidaklah sepopuler ayam antara lain : Baunya yang amis, dagingnya yang lebih keras, lemaknya lebih banyak dari daging ayam sehingga lebih sulit dicerna, dll. Namun seiring perkembangan jaman saat ini maka Bebek sudah semakin dilirik oleh banyak orang, terlihat dari munculnya berbagai jenis Resto yang khusus menyajikan masakan khas bebek seperti Red Duck, Bebek Betutu, Bebek Bakar Kendil, Bebek Kayu Tangan, Bebek Presto, atau pedagang Bebek Penyet kaki lima dan lain sebagainya.
Nah, sekarang kenapa tidak melirik peluang usaha ini. Kita tinggal memilih sebagai pengolah masakan daging bebek dengan membuka rumah makan atau sebagai peternak?

Kedua-duanya memiliki kendala masing-masing, namun apalah artinya kendala didepan jika niatan kita sudah bulat.

Jika anda ingin memutuskan membuka rumah makan khusus bebek olahan maka yang pertama harus Anda siapkan adalah Menu Andalan yang memiliki citarasa dan menjual. Tentunya anda harus mempelajari cara dan teknik memasaknya terlebih dahulu baru setelah itu berpikir untuk mencari nama rumah makan anda, tempat dan modal awal untuk membukanya.

Namun jika Anda lebih tertarik menjadi peternak maka ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi , antara lain :

1. Target Pasar
Saya membuat target pasar sebagai prioritas pertama karena pada dasarnya Sistem beternak bebek ada 2 type yaitu sistem kering atau sistem basah pada kandang bebek. Secara umum sistem kandang kering adalah anda tidak wajib membutuhkan kolam tempat pemandian bebek sedangkan sistem kandang basah adalah anda wajib memiliki kolam atau aliran sungai sebagai syrat utama lahan ternak bebek.
Jika target pasar Anda hanyalah sebagai penjual daging bebek potong maka sistem kandang kering cukup tepat karena anda hanya beternak bibit/DOD Jantan.
Sedangkan jika target pasar anda sebagai penjual bebek potong sekaligus penjual telur bebek dan pembibitan maka diwajibkan memiliki sistem kandang basah. (@red : Info tentang cara beternak bebek dapat dilihat di web Dinas peternakan / web terkait)

2. Lahan
Lahan peternakan harus benar-benar anda persiapkan dan sebaiknya dipilih yang sedikit jauh dari daerah pemukiman.

3. Bibit / DOD
Pemilihan bibit itik/DOD unggul sangatlah penting buat kualitas peternakan kita, dan untuk hal ini anda sebaiknya berkonsultasi dengan Dinas Peternakan setempat atau peternak bebek dari daerah lain yang sudah cukup berhasil dalam beternak.

4. Bergiatlah mencari pasar / pembeli.

Saya meyakini jika empat hal ini sudah bebar-benar tergambar di benak pembaca yang tertarik dengan peluang usaha ini maka segala jalan akan dibukakan-Nya bagi kita umat-Nya yang sungguh-sungguh melakukan usaha. Salam.

9 komentar:

  1. hmmmm... sebuah peluang usaha yg layak dicoba, tp tempatnya gimana tuh?

    BalasHapus
  2. wah saya coba udah lama, kendalanya adalah pada pemasaran telurnya. kasih info pemasaran telur bos

    BalasHapus
  3. wah saya coba udah lama, kendalanya adalah pada pemasaran telurnya. kasih info pemasaran telur bos ke qnaryo@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Dwi RaharjoJuni 10, 2011

    Saya juga sedang memulai, tapi ya itu kendla pada pemasaran telurnya yang selama ini masih sulit, tolong jika ada info tentang pemasaran telur bebek mohon saya di hubungi via dwi_gndngwsb@yahoo.co.id. Trims

    BalasHapus
  5. imam syafiiiJuli 21, 2011

    saya berencana mau beternak itik betelur tolong carikan pemasukan telurnya

    BalasHapus
  6. saya lihat kendalanya pada pemasarannya,kalau saya justru pakan nya saja pemasaran di tempat saya masih mudah.
    Ada tidak yang bisa kasih masukan pakan bebek petelur yang ideal berapa % (dalam rupiah)

    BalasHapus
  7. Tapi saran saya bos mending telur bebek kita olah jadi produk jadi, tp jadi apaya ??? heheh numpang lewan gan....

    BalasHapus
  8. Bos, di daerah saya Bandung Barat banyak peternak bebek pedaging. kalo ada pasarnya hubungi saya Ahmad Kosasih (Ako) di 081546842600

    BalasHapus
  9. thanks infonya gan..

    BalasHapus